mangga-chokanan1

Mangga adalah tanaman buah asli dari India. Namun kini, tanaman ini tersebar di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Buah yang memiliki nama latin mangifera indica ini memiliki banyak manfaat. Mangga adalah buah tropis yang dikenal sebagai ‘rajanya buah’. Dengan rasa dan aroma yang unik, mangga juga dikenal sebagai ‘buah super’ dan masuk dalam kelompok arboreus yang mampu tumbuh hingga tinggi 40 meter. Buah mangga dikatakan sebagai drupa (buah batu) karena termasuk buah yang berdaging. Mempunyai bentuk dan ukuran yang bervariasi tergantung pada macamnya, misal buah mangga berbentuk bulat yaitu mangga gedong, berbentuk bulat telur yaitu gadung, lonjong memanjang yaitu mangga golek

Setiap 100 gram (3.5 oz, Energi 272 kJ (65kcal)) mangga memiliki nilai kandungan gizi sebagai berikut :
    Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%)
    Besi 0,13 mg (1%)
    Beta-karoten 445 mg (4%)
    Diet serat 1,8 g
    Folat (Vit. B9) 14 mg (4%)
    Fosfor 11 mg (2%)
    Gula 14,8 g
    Kalium 156 mg (3%)
    Kalsium 10 mg (1%)
    Karbohidrat 17,00 g
    Lemak 0,27 g
    Magnesium 9 mg (2%)
    Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%)
    Protein 0,51 g
    Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%)
    Seng 0,04 mg (0%)
    Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%)
    Vitamin A equiv. 38 mg (4%)
    Vitamin B6 0,134 mg (10%)
    Vitamin C 27,7 mg (46%)
 

Para ahli meyakini mangga adalah sumber karotenoid yang disebut beta crytoxanthin, yaitu bahan penumpas kanker yang baik. Mangga juga kaya vitamin antioksidan seperti vitamin C dan E. Satu buah mangga mengandung tujuh gram serat yang dapat membantu sistem pencernaan. Sebagian besar serat larut dalam air dan dapat menjaga kolesterol agar tetap normal.

Berbagai referensi menyebutkan buah ini memiliki sifat kimia dan efek farmakologis tertentu. Yaitu, bersifat pengelat (astringent), peluruh kencing, penyegar, penambah nafsu makan, pencahar ringan, peluruh dahak dan antioksidan.
Karena berbagai kandungan zat dan senyawa itulah mangga juga memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan gangguan.

Di antaranya khasiat buah mangga adalah :
1.Membantu Proses Pencernaan
Kandungan asam galat pada buah mangga sangat baik untuk saluran pencernaan. Sedangkan kandungan riboflavinnya sangat baik untuk kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan.
Kandungan enzim pencernaan yang terdapat pada buah mangga dapat membantu proses pencernaan dan membantu pemecahan protein,  disamping itu  berguna juga  untuk mencegah sembelit dan menenangkan perut.
 
2. Menjaga Kesehatan Mata
Buah Mangga adalah sumber vitamin A dan flavonoid seperti beta-karoten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Buah ini kaya akan vitamin A yang menurut sebuah riset mempunyai manfaat untuk mencegah bermacam penyakit mata seperti gatal-gatal pada mata, rabun ayam, kekeringan pada mata, pelunakan kornea, dan mencegah kebutaan malam dan  kekeringan pada mata .

3. Meningkatkan Memori
Kandungan asam glutamin pada buah mangga memiliki jumlah yang memadai sehingga berguna untuk meningkatkan memori.
 
4. Mengurangi Resiko Stroke
Mangga juga mengontrol tingkat homocystiene dalam darah, Mangga sangat kaya kalium, yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan mengaktifkan kotraksi otot, dan  tekanan darah.
Konsumsi kalium yang memadai dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah, dan secara bebas memberikan kontribusi terhadap penurunan risiko karena stroke
 
Satu penelitian menunjukkan bahwa bila seseorang menambahkan sepotong buah tinggi kalium ke dalam pola makanan sehari-hari, risiko terkena stroke fatal dapat dikurangi sebesar 40 persen. Konsumsi ekstra kalium sebanyak 400 mg setiap hari dapat mengurangi kemungkinan mendapat penyakit jantung dan pembuluh darah. Kalium terdapat melimpah pada mangga. Tiap 100 gram buang mangga terkandung kalium sebesar 189 mg. Dengan mengkonsumsi 1 buah mangga harumanis ukuran sangat kecil (minimal 250 gram), atau 1 buah mangga gedong ukuran sedang (200-250 g), kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi.
 
5. Melawan Kanker
Manfaat buah mangga lainnya adalah untuk melawan kanker karena menurut para ahli buah mangga memiliki sumber karotenoid yang biasa disebut crytoxanthin yang berfungsi sebagai bahan untuk melawan kanker. Senyawa antioksidan dalam mangga dapat melindungi terhadap kanker usus besar, payudara, leukemia dan prostat.
 
6. Membantu Membersihkan Jerawat
Kulit mangga sendiri juga mempunyai manfaat untuk menghilangkan jerawat. Lakukan pengolesan kulit mangga ke seluruh daerah wajah berjerawat setiap hari agar mengeluarkan kotoran karena pori-pori telah terbuka.
 
7. Membantu Menjaga Kesehatan Gusi dan Gigi
Mangga mengandung banyak vitamin C  yang memiliki  fungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh-pembuluh kapiler, kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C pada buah mangga juga membantu penyerapan zat besi dan dapat menghambat produksi natrosamin , satu zat pemicu  kanker . Vitamin C pada buah mangga juga mampu membuat jaringan penghubung tetap normal dan membantu penyembuhan luka. Setiap 100 gram bagian buah mangga masak yang dapat dimakan memasok vitamin C sebanyak 41 mg, buah mangga muda bahkan hingga 65 mg. Berarti, dengan mengkonsumsi buah mangga ranum 150 gram atau buah mangga golek 200 gram (1/2 buah ukuran kecil), kecukupan vitamin C yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan dewasa per hari (masing-masing 60 mg) dapat terpenuhi.
 
8. Meningkatkan Dorongan Seks
Buah mangga mengandung vitamin E yang  mampu mengatur hormon seks didalam tubuh, hal tersebutlah yang meningkatkan libido dan  menyebabkan dorongan seks meningkat.

9. Menurunkan Kolesterol

Mangga kaya akan prebiotik serat makanan. Serat tingkat tinggi, pectin dan vitamin C membantu menurunkan kadar kolesterol, khususnya Low-Density Lipoprotein.

10. Pembersih kulit
Buah mangga mampu membersihkan kulit. Mangga membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan jerawat.

11. Mencegah Diabetes

Satu buah mangga mengandung 31 gram gula, tapi pada saat yang sama rendah kadar glikemik, yang berarti tidak mempengaruhi gula darah.

12. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

 Ini juga merupakan sumber vitamin B6 (pyridoxine), vitamin C dan vitamin E. Vitamin C membantu tubuh menjadi resistan terhadap infeksi dan radikal bebas berbahaya.
13.Sebagai Antioksidan Tubuh
Buah Manggamerupakan sumber beta-karoten , kalium, dan vitamin C. Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi yang penting untuk fungsi retina). Beta-karoten (dan vitaminC) juga tergolong antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul-molekul tak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses kimia normal tubuh, radiasi matahari atau kosmis, asap rokok, dan pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya.
Di dalam tubuh, mayoritas radikal bebas berasal dari proses kimia kompleks saat oksigen digunakan di dalam sel. Radikal-radikal bebas yang secara kimia tidak lengkap tersebut dapat  mencuri  partikel dari molekul-molekul yang lain.

Ia kemudian menghasilkan senyawa-senyawa abnormal membuat reaksi berantai yang dapat merusak sel, dengan menyebabkan perubahan mendasar pada materi genetis dan bagian-bagian penting sel lainnya. Sederhananya, cara radikal bebas merusak sel-sel tubuh, sama dengan proses oksigen menyebabkan  kertas berubah menjadi kuning atau mentega menjadi tengik. Zat-zat gizi antioksidan, seperti beta-karoten dan vitamin C, membuat radikal bebas tak berbahaya dengan menetralkannya.

Zat-zat gizi antioksidan itu terkandung melimpah pada buah mangga. Kandungan beta-karoten dan vitamin C (beserta kalium, aktivitas vitamin A, karbohidrat, energi dan air) dari beberapa macam mangga tiap 100 gram silahkan dilihat pada awal tulisan diatas .

14. Untuk terapi
Misalnya untuk pembersih darah, menurunkan panas badan, dan menghilangkan bau badan. Buah mangga dianggap mampu membersihkan aliran darah dan mengurangi kelebihan panas badan. Selain itu buah mangga juga baik untuk menghilangkan bau badan.
 
untuk cara penggunaannya  yaitu:
50 gram mangga segar yang telah masak di cuci bersih, dikupas buang bijinya, lalu diblender. Sewaktu memblender  tambahkan air sedikit demi sedikit hingga 50 cc.
Jus Mangga ini diminum pada pagi atau sore hari 2-3 jam sesudah makan.

15. Untuk mengatasi radang kulit. 

Yang digunakan adalah kulit buah mangga. Caranya, 150 gram kulit buah mangga dimasak dengan air secukupnya hingga mendidih. Dalam kondisi hangat, air rebusan ini dipakai untuk mencuci bagian kulit yang mengalami sakit atau peradangan. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi eksim.
16. Mengatasi Penyakit influenza .
 Caranya, 200 gram daging buah mangga ditambah 10 gram jahe, dan dua batang daun bawang putih. Bahan-bahan ini direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc. Kemudian airnya disaring dan diminum selagi masih hangat.
 
17. Mengatasi mabuk perjalanan .
 Caranya, mangga yang sebelumnya dikeringkan lalu direbus dengan air secukupnya. Setelah hangat, tambahkan madu secukupnya dan 10 cc air jeruk nipis lalu diaduk hingga rata. Selanjutnya ramuan ini diminum selagi hangat..

18. Khasiat Buah Mangga  Untuk kecantikan .
“Fenol dalam mangga dan enzimnya selain mempromosikan kesehatan kulit dan rambut, membantu dalam mengontrol diabetes dan meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Vitamin B3 dan B-kompleks memperkuat rambut. Enzim magniferin, mempercantik kulit dan bermanfaat melawan kanker . “

Untuk  mencerahkan dan melembutkan kulit secara alami. Oleskan kulit mangga atau diamkan menempel di wajah anda kurang lebih sepuluh menit untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati pada wajah anda.

Ahli Gizi Klinis Dr Nupur Krishnan mengatakan kandungan serat dalam mangga sangat tinggi, termasuk juga Vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kulit , mencegah kusam, mencegah pori-pori terbuka,dan mengatasi masalah jerawat, serta menghaluskan siku, lengan dan lutut.
Mengkonsumsi mangga secara teratur membuat warna kulit terlihat lebih merata, lembut dan lebih bersinar.
 
“Selain daging buahnya, kulit buah mangga kaya AHA (asam alfa hidroksil) dan bisa digunakan untuk membantu pengelupas kulit dan peremajaan kulit. Merangsang pergantian sel lebih cepat,
 
Ritu Tanwar, seorang pakar estetika mengatakan, “Gosok kulit mangga bagian dalam yang telah dibersihkan di wajah Anda dengan lembut selama beberapa menit. Buah ini memiliki banyak bahan yang dapat membantu kulit tetap halus dan muda . Efek peremajannya sangat kuat.”
Vitamin C, dalam buah ini juga membantu pembentukan kolagen, yang membuat kulit lebih sehat. Untuk itu, jangan pernah lupakan buah ini dalam menu diet Anda sehari-hari.
 
19. Untuk Diet dan menurunkan berat badan .
Mangga, di samping mengandung kalori juga  mengandung aneka vitamin dan nutrisi seperti yang sudah dibahas di atas. Untuk itulah, mangga dapat menjadi salah satu menu dalam program diet Anda. Untuk menghindari jumlah kalori yang berlebihan, ada aturan untuk mengonsumsi mangga saat menjalani program diet.
Yang pertama, mangga tidak boleh dikonsumsi lebih dari 1 buah dalam sehari. Dan yang kedua, mangga harus dikonsumsi bersama buah lain agar nutrisi yang diperoleh lebih beragam.
Mengonsumsi mangga, setidaknya 1 buah per hari tidak hanya membantu menurunkan berat badan. Tetapi juga membantu mencerahkan wajah dan membuat kulit lebih lembut.
Untuk Penyakit lainnya dapat disembuhkan dengan rajin mengkonsumsi buah mangga secara teratur
 
Tip Memilih Mangga
1.Jika belanja buah mangga, jangan pilih yang terlalu matang atau mentah, pilihlah kualitas yang pas, yaitu matang di pohon, tekturnya padat tapi tidak terlalu keras, baunya harum tapi tidak menyengat.
2.Pilihlah  mangga yang baik dengan warna hijau kekuning-kuningan, kulit licin, dan  aroma yang manis. Hindarilah memilih buah yang terlalu keras atau terlampau lembek, memar, atau berbau fermentasi. 
3.Sedikit tips untuk membuat jus dari mangga, Anda sebaiknya mencampurkannya dengan buah pepaya. Karena, jus campuran pepaya dan mangga memiliki kandungan karbohidrat dan enzim yang tinggi. Jus segar ini bermanfaat dalam menanggulangi pembengkakan dan peradangan, gangguan pencernaan dan demam. Jus mangga sendiri dapat mengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah. Sedangkan pepaya melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit.
Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, biji mangga pun dapat dijadikan pakan ternak atau unggas; di India bahkan dijadikan bahan pangan di masa paceklik. Daun muda mangga juga dapat dilalap atau dijadikan sayuran sebagai lauk makan sehari-hari.
(dari berbagai sumber)